Kamis, 04 November 2010

CUANKI bandung Nu enak teaaa

RESEP CUANKI

bahan2

500 gr daging sapi giling
100 gr daging ayam tanpa tulang
3 butir putih telor
150 ml air es
100 gr tepung tapioka

bumbu halus

4 butir bawang putih
1 sdt merica
1 sdm garam
2 sdm bawang goreng

cara membuat :

Blender lagi daging giling sampai halus, daging ayam juga diblender sampai halus
campurkan daging sapi giling dan daging ayam giling, telur dan bumbu halus...uleni sampai tercampur rata, masukan air es, uleni lagi sampai rata dan terakhir masukkan tepung tapioka/kanji...uleni sampai agak lama...
boleh juga dimasukkan ke dalam kulkas kurang lebih 1/2 jam sebelum dibentuk bakso.

siapkan air dalam panci dan didihkan terus matikan api...bentuk bakso dengan meletakkan adonan di tangan kanan/kiri...tekan diantara jari telunjuk dan jempol...adonan akan keluar bulat2...lakukan beberapa kali sampai adonan dirasa bulet dan cantik...sendok dengan sendok kecil bulat...masukkan ke dalam air mendidih...lakukan sampai adonan habis.
rebus bakso dengan api sedang sampai bakso mengapung/matang...

Nb : coba dulu rebus satu bakso, setelah matang cicipi rasanya...kalau kurang asin bisa ditambahkan garam ke dalam adonan...


Siomay Bandung

Bahan:
• 500 gr Daging ikan tengiri dihaluskan
• 100 gr Tepung sagu
• 1 sdt Air jahe
• 1/2 sdt Lada bubuk
• 1/2 sdt Gula halus
• 1 sdt Minyak wijen jika suka
• 1 sdm Ebi disangan dan direndam (agar mudah lunak)
• Garam secukupnya.
Cara Membuat:
• Campur semua bahan, aduk hingga rata dan kalis, balutkan pada tahu dan telur rebus sisanya bulatkan sesuai selera.
• Kukus siomai di dalam kukusan hingga matang, jika suka tambahkan kol yang digulung dan pare(dapat diisi dengan siomay)
Sambal Kacang :
• 250 gr Kacang tanah digoreng
• 3 siung Bawang putih digoreng
• 4 buah Cabe merah dibuang bijinya digoreng
• 1 sdm Gula pasir
• 1/2 sdt Garam
• 400 ml Air matang
• Kecap manis dan jeruk limo secukupnya.
• Haluskan semua bahan dengan diulek atau dibleder hingga halus kecuali kecap manis dan jeruk limo.
Cara menghidangkan:
• Ambil siomai yang telah matang dari dalam kukusan (kondisi masih panas), potong sesui selera.
• Siram siomai dengan sambal kacang, beri kecap manis dan air jeruk limo (kulit jeruk dapat dimasukkan ke dalam siomay, agar aroma lebih harum).
• Siomay pun siap dihidangkan.

Bahan bakso tahu goreng:
• 200 gr daging ikan tenggiri
• 200 gr daging cincang
• 200 gr udang
• 150 gr ayam
• 1 1/2 sdm saus tiram
• 1 1/2 sdm kecap ikan
• 1/2 - 1 sdm minyak wijen
• 1 sdt garam
• 1 sdt gula pasir
• 1 sdt merica
• 4 sng bawang putih
• 1 1/2 sdt baking powder (peres)
• 3 sdm kanji Tani
Kuah:
• 2 ltr kaldu tulang/daging
• 4 sng bawang putih
• 3 sdt garam
• 1 sdt merica
Pelengkap:
1. Tahu
2. Bawang daun, iris
3. Seledri, iris
4. Sawi hijau, direbus
5. Saus sambal
Cara membuat:
1. Haluskan semua bahan dalam food processor hingga menjadi adonan yang tercampur rata.
2. Banting2 adonan sebentar (agar kenyal).
3. Dengan bantuan 2 bh sendok makan, bentuk bulatan2 sesuai selera.
4. Sebagian masukkan ke dalam tahu yang sudah dikerok bagian tengahnya.
5. Goreng hingga matang dengan api sedang.
Kuah:
• Haluskan bawang putih, merica dan garam.
• Tumis hingga harum.
• Kemudian masukkan ke dalam kaldu.
Sajikan bakso tahu goreng dengan kuah dan pelengkap lainnya.


Otak otak ikan tenggiri

Bahan:
• 250 g daging tenggiri/kakap, haluskan
• 100 g tepung tapioka
• 100 cc santan dari 1/2 btr kelapa
• 1 putih telur
• 10 btg daun kucai, iris halus
• 1/2 sdt garam
• 1/2 sdt merica bubuk
• 1 sdt gula pasir
• daun pisang untuk bungkus
Cara membuat:
• Campur daging ikan, tepung tapioka, garam, gula, merica, gula dan santan jadi satu, aduk rata.
• Tambahkan putih telur dan daun kucai, aduk rata.
• Ambil 1-2 sdm adonan, gulung dengan
• selembar daun pisang, semat ujung2nya,
• panggang diatas bara api/ dalam oven
• dengan api atas sampai matang.
• Hidangkan dengan sambal kacang.
Sambal kacang:
• Haluskan 50 gr kemiri sangrai,
• 25 gram kacang goreng, 2 buah
• cabai merah, dan 5 buah cabai rawit,
• campur dengan 100 cc air matang, garam,
• gula pasir, dan cuka menurut selera


OTAK OTAK PELEPAH JAMUR

Bahan
• 300 gr daging ikan tenggiri
• 100 gr daging udang
• 100 gr jamur merang dicincang kasar, tumis dengan cincang
• Bawang putih dan garam
• 1 sdm tepung sagu
• 1 sdm daun sledri dicincang halus
• 2 sdm gula pasir
• 1/2 sdt garam
• 1 sdt lada bubuk
• pelepah daun kelapa secukupnya
Saus :
• 5 sdm saos cabe
• 1 sdt mustard
• 1 sdm gula pasir
• 1 sdm cuka
• 1/2 sdt garam
• 100 ml air hangat (matang)
Cara membuat :
• campur daging ikan, daging udang, tepung sagu, gula pasir, garam dan lada blender hingga kalis ( tidak lengket)
• campur kembali dengan jamur dan daun sledri, uleni kembali hingga tercampur rata
• potong pelepah kelapa sepanjang 20 cm kemudian letakkan 1 sdm adonan ditengahnya kemudian gapit kembali dengan pelepah kelapa berikutnya, satukan ujung-ujungnya dan semai
• bakar otak-otak pelepah hingga cukup matang, hidangkan dengan saos
Cara membuat saus :
• campur semua bahan aduk hingga rata benar dan sajikan


TEKWAN lagi

Bahan-bahan:
1 kg daging ikan tenggiri (digiling halus)
½ kg sagu tani
¾ mangkuk air es (ini rahasianya biar tekwan terasa kenyal n gress)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bahan kuah:
10 siung bawang merah (dihaluskan)
5 siung bawang putih (dihaluskan)
1 panci air (disesuaikan dengan tekwan)
¼ kg udang kupas (dicincang kasar)
2 ons jamur kuping (dicincang kasar)
1 ons bunga sedap malam
1 buah bengkoang (diiris tipis memanjang)
I ruas jahe (dimemarkan)
Lada dan garam secukupnya

Bahan pelengkap:
Soun secukupnya
Irisan jeruk lemon
Daun seledri (dicincang halus)
Cabe rawit (dihaluskan)
Kecap manis / asin tergantung selera
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama-tama, didihkan air dalam panci untuk merebus tekwan. Kemudian, ikan tenggiri diaduk rata dengan air, masukkan gula dan garam, kemudian tambahkan sagu sedikit demi sedikit hinga rata menjadi adonan tekwan.
2. Adonan tekwan dibentuk dengan sendok sebesar biji kelereng (ga perlu bulat beneran), kemudian dicemplungkan ke dalam air yang sudah mendidih.
3. Bola-bola tekwan yang sudah matang (cirinya dia naik ke permukaan), diangkat dan ditiriskan.
4. Selanjutnya kita membuat kuah tekwan. Didihkan air secukupnya bersama dengan udang kupas yang telah dicincang kasar (kira-kira 1 panci disesuaikan dengan banyaknya bola-bola tekwan yang dihasilkan).
5. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga berbau harum dan berwarna agak kecoklatan, kemudian masukkan ke dalam kaldu udang yang telah mendidih, tambahkan jahe, bengkoang, jamur kuping dan bunga sedap malam. Dan yang terakhir, tambahkan garam dan lada secukupnya atau sesuai dengan selera. Diamkan sebentar, kemudian masukkan bola-bola tekwan yang telah menjadi (untuk menjaga rasa, sebaiknya bola-bola tekwan tidak dimasukkan sekaligus ke dalam kuah jika tidak ingin langsung dihabiskan, bisa disimpan dulu di kulkas, kemudian dimasukkan ke kuah jika ingin dihidangkan).
6. Hidangkan dalam mangkuk, tambahkan soun, air jeruk, kecap, cabe, dan ditaburi dengan bawang goreng dan daun seledri sesuai dengan selera anda.
7. Tekwan siap disantap… hmmm nyammmy… slruuppp…


TEKWAN deui

Bahan :
200 gr udang, kupas, 2 liter air,
5 buah bawang putih, cincang, Garam dan merica secukupnya,
30 gr jamur kuping, rendam air panas, potong,
30 gr bunga sedap malam, rendam air panas,
30 gr soun, rendam air panas sebentar, tiriskan,
1 buah bengkuang, iris panjang,
1 tangkai seledri, iris, 1/2 sendok makan cuka,
1 sendok makan minyak untuk menumis,
bawang goreng secukupnya

Bahan Tekwan:
250 gr daging ikan tenggiri, haluskan,
100 gr tepung sagu, Garam secukupnya, Air untuk merendam

Directions:
Cara Membuat:
1. Buat tekwan : campur ikan tenggiri, garam, dan tepung sagu,
aduk rata, sisihkan.
2. Didihkan air, bentuk bulatan tekwan memakai 2 sendok teh,
masukkan dalam air rebusan. Masak hingga mengapung dan matang, angkat, tiriskan.
3. Panaskan minyak, tumis bawang putih, masukkan udang dan
masak hingga berubah warna.
4. Didihkan 2 liter air, masukkan tumisan udang. Tambahkan dengan merica, cuka, dan garam, aduk rata. Setelah mendidih masukkan bengkuang, jamur kuping, sedap malam dan tekwan, masak hingga mendidih.
5. Setelah matang tambahkan dengan soun , aduk rata, angkat.
6. Hidangkan dan jangan lupa taburi bawang goreng dan seledri.
Sajikan.
Catatan: Untuk 5 porsi

TEKWAN AGAIN

Bahan tekwan:
1 lb fish paste (bisa diganti belida/tenggiri)
150 gr sagu (kemaren sih gue 200 gr, soalnya lbh suka yg keras
gula, garam, merica secukupnya (diaduk pake sedikit aer)
2 cubes es batu, dihancurin sampe halus.
air, buat merebus
Bahan kuah:
Haluskan: bawang merah & bawang putih. harus banyak dan jumlahnya equal.
udang, dicincang halus
ayam, cincang halus (Boleh diskip, gue sih biar lbh terasa kaldu aja)
bengkuang, potong panjang2
bunga sedap malam kering, rendam, buang bagian kering, ikat
jamur kuping, rendam
tongcai, mesti banyak nih
daun bawang, iris 1 cm
Pelengkap:
sambel rawit
bawang goreng
daun seledri
cuka putih ato cuko pempek
Cara bikin tekwan:
1. fish paste & es batu, diaduk rata. (lbh bagus pake food processor sih).
2. masukkan garam, gula, merica.
3. masukkan sagu. aduk rata.
4. bentul bulat2 kecil, rebus sampe terapung. angkat.
PS: biasa gue bikin satu dulu, rebus, cicip. kalo kurang rasa baru ditambah2in gitu.
Kuah:
1. tumis bawang sampe wangi dan hampir kering.
2. masukkan udang & ayam cincang.
3. beri gula, garam, merica. aduk rata.
4. tumis sampe bener2 kering.
5. masak air sampai mendidih, masukkan tumisan daging. kecilkan api. rebus sampe aroma udang keluar.
6. tambahkan gula, garam, merica, sampe cukup rasanya.
7. masukkan tongcai, bangkuang, sedap malam, dan jamur kuping.
8. rebus sampe bengkuang empuk, terakhir masukkan daun bawang.
9. paling enak dimakan kalo msh panas2
PS: sebenernya lbh enak kalo pake kepala udang instead of udang… berhubung disini gak ada kepala udang, jd ya pake dagingnya aja

Tekwan

Bahan Dasar Empek-Empek :
• 1 kg ikan tenggiri
• garam secukupnya
• bumbu penyedap secukupnya
• 1/2 kg tepung kanji/sagu
• air secukupnya
• 5 siung bawang putih
• 10 siung bawang merah
• 1/2 kg udang kecil atau kepala udang
• merica
• bengkoang
• sedap malam
• daun seledri
• daun bawang
• soun
• garam
• bumbu penyedap
• bawang goreng
Cara Membuat:
• Bahan dasar empek-empek dicubit-cubit dan dimasukkan air mendidih sampai matang lalu tiriskan (disebut biji tek-wan).
• Bawang merah dan bawang putih, merica ditumis samapi berwarna kuning dan harum.
• Udang/kepala udang direbus dengan air, baru masukkan tumisan bumbu dan diberi bengkoang yang diiris sepotong jari, soun, sedap malam, jamur kuping dan biji tekwan.
• Dihidangkan panas-panas dengan daun bawang, daun seledri dan bawang goreng.

Nah silahkan di posting resep2 andalannya yah
mariiii
selamat makan Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar